Jaga Berat Badan dengan Cemilan Bola-bola Cokelat Jeruk

Sabtu, 21 Januari 2017 - 14:28 WIB
Jaga Berat Badan dengan...
Jaga Berat Badan dengan Cemilan Bola-bola Cokelat Jeruk
A A A
JAKARTA - Menyantap camilan namun bobot tubuh tetap terjaga tentu menjadi dambaan setiap orang, khususnya wanita. Sebenarnya hal itu sangat mungkin terjadi jika Anda merubah jenis camilan yang dikonsumsi setiap harinya.

Tidak perlu drastis melakukannya hanya dengan menyantap sayur dan buah-buahan. Anda bisa memulainya dengan membuat camilan sendiri dengan bahan-bahan yang sehat. Seperti camilan Bola-bola Cokelat Jeruk, misalnya.

Cemilan ini hadir menggunakan antara lain, jus jeruk, kacang almond, biji chia, dark chocolate, kurma, dan kelapa. Semua bahan itu lezat dan tentu sehat. Berikut ini cara membuatnya seperti dilansir Taste.com.au.

Bahan-bahan:
2 sdm biji chia hitam
60 ml jus jeruk segar
85 gram almond kering-panggang (plus tambahan 1 sendok makan almond yang telah dicincang)
2 sdt kulit jeruk yang telah diparut halus
200 gram kurma medjool, hilangkan bijinya, cincang kasar
45 gram kelapa kering
2 sdm bubuk kakao
150 gram dark chocolate, cincang

Cara membuat:
Campurkan biji chia dan jus jeruk dalam mangkuk kecil. Sisihkan selama 10 menit untuk merendam.

Proses almond dalam food processor sampai agak kasar, tambahkan campuran chia, kulit jeruk, kurma, kelapa, dan bubuk kakao. Proses kembali hingga tercampur rata. Ambil satu sendok adonan, bentuk menjadi bola-bola.

Siapkan loyang, lapisi dengan kertas roti. Tempatkan dark chocolate dalam mangkuk tahan panas di atas panci berisi air mendidih, masak hingga meleleh. Celupkan bola adonan ke dalam coklat, kemudian gunakan garpu untuk menggulung bola hingga terlapisi coklat dengan merata. Taburi bola-bola dengan almond cincang ekstra dan susun di dalam loyang.

Dinginkan bola-bola camilan dalam lemari es hingga beku dan sajikan dalam toples atau wadah kedap udara di tempat yang dingin. Camilan ini dapat tahan selama 2 minggu.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0886 seconds (0.1#10.140)